Sabtu, 04 Juni 2011

Prodi yang Paling banyak Diminati Peserta SNMPTN UNM

Makassar (ANTARA News) - Sebanyak empat program studi paling diminati oleh para peserta seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri atau SNMPTN 2011 di Universitas Negeri Makassar.

Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Dr Arismunandar, di Makassar, Rabu, mengatakan empat program studi (prodi) tersebut adalah pendidikan matematika, pendidikan biologi, pendidikan guru sekolah dasar, serta teknik informatika dan komputer.

Ia mengatakan, untuk pendidikan matematika terdapat sebanyak 1.600 orang peserta, yang akan diterima hanya 40 orang, sedangkan untuk prodi pendidikan biologi diminati 2.143 orang peserta dan yang akan diterima 40 orang.

"Untuk prodi pendidikan guru SD, jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 2.596 orang, akan diterima 120 orang, sedangkan prodi teknik informatika dan komputer sebanyak 3.292 orang dengan jumlah yang akan diterima 100 orang," katanya.

Pada 2011, kata dia, jumlah peserta yang mengikuti SNMPTN di UNM sebanyak 32.894 orang.

Dari jumlah tersebut, jumlah mahasiswa yang akan diterima 3.523 orang sesuai dengan kuota yang diberikan.

"Pada tahun ini, jumlah peserta yang mengikuti SNMPTN di UNM cenderung meningkat dibanding tahun lalu," katanya.

Menurut dia, untuk prodi pendidikan olahraga dan seni, masih harus dilakukan tes keterampilan setelah mengikuti SNMPTN.

Ia menambahkan, selain menempuh SNMPTN, untuk dapat menjadi mahasiswa UNM juga dibuka beberapa jalur, yaitu jalur mandiri dan beasiswa Bidik Misi.

"Sesuai dengan aturan dari Mendiknas, kampus bisa membuka beberapa jalur untuk penerimaan mahasiswa baru, di mana persentase penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri sebesar 40 persen, dan sisanya melalui SNMPTN," katanya. (T.KR-AAT/E005)

0 komentar:

Posting Komentar