Kamis, 26 Mei 2011

Kedokteran Favorit di Unhas, Informatika di UNM Prodi Favorit di SNMPTN

MAKASSAR -- Pendaftaran resmi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) secara online, berakhir Selasa 24 Mei. Hingga kemarin, IPC kebanjiran pendaftar. Baik Unhas maupun UNM sama-sama menempatkan IPC sebagai paket pilihan terbanyak.

Data yang diperoleh FAJAR, hingga sore hari, peminat semakin bertambah di ketiga paket. Untuk IPA (6.825 pendaftar), IPS (2.878 pendaftar), dan IPC (10.599 pendaftar). Hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya, Pendidikan Kedokteran masih meraih minat tinggi para pendaftar yakni  5.186 pendaftar. Disusul empat favorit tertinggi lainnya yakni; Hukum (3.184 pendaftar), Kesehatan Masyarakat (3.179 pendaftar), Akuntansi (2.721 pendaftar), dan Teknik Informatika  UNM (2.600 pendaftar). "Hasil ini masih relatif. Bisa berubah hingga proses pendaftaran benar-benar berakhir," lanjut Dadang.

Hingga pukul 17.00 wita, animo pendaftar tetap tinggi dengan jumlah 22.035 pendaftar. Mereka telah membayar biaya pendaftaran. "Yang membayar lebih banyak dari yang mendaftar. Untuk itu, kita masih tunggu hingga pukul 24.00 mereka menyelesaikan pendaftaran secara online," kata Pembantu Rektor I Unhas, Prof Dr Dadang A Suriamiharja menjelang penutupan registrasi online SNMPTN di Unhas.

Di Universitas Negeri Makassar (UNM), hingga pukul 13.00 wita, jurusan  favorit  belum bisa  dipastikan. Soalnya akses untuk memperoleh data baru bisa dibuka pada saat pendaftaran  resmi ditutup pukul  00.00 Wita (tadi  malam).

Prof  Dr  Sofyan Salam, Pembantu Rektor  I  UNM mengungkapkan, dari ketiga paket IPA,  IPS dan IPC, IPC paling diminati. Namun untuk  mengetahui pilihan favorit dari tiap-tiap paket pendaftaran belum diketahui pasti. Hanya saja secara garis besar Program Studi Pendidikan Teknik Informatika  sangat diminati.

"Umumnya jurusan IPA tahun ini peminatnya meningkat. Baik, matematika dan Fisika semua diunggulkan. Sementara jurusan lain, yang menjadi unggulan adalah Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Fakultas Ilmu Pendidikan, Pendidikan Bahasa Inggris di Fakultas Bahasa dan Sastra, Pendidikan Akuntansi  dan Akuntansi di Fakultas Ekonomi, sedangkan di Fakultas Seni dan Desain,  sebanding antara Seni Drama Tari dan Musik dan Seni Rupa. Dan khusus Fakultas  Ilmu Keolahragaan, semua jurusan diminati, ” kata Sofyan. (yuk-dni)


Sumber: http://www.fajar.co.id/

0 komentar:

Posting Komentar